Program

3.1.1.    Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan

  1. Menerapkan sistem penerimaan mahasiswa yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat, berkeadilan dengan selalu mengutamakan   prestasi akademik dan kesetaraan akses, serta memperhatikan kompetensi, transparansi, dan akuntabilitas.
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis   kompetensi yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan akademik. Pendidikan Strata satu (S1) bersifat generalis.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran yang  inovatif  dan  kondusif serta mewujudkan interaksi akademik yang berakhlakulkarimah yang dapat di pertanggungjawabkan.
  4. Merumuskan sistem pembelajaran yang memungkinkan adanya  promosi antar jenjang jalur akademik bagi mahasiswa dengan kemampuan intelektual tinggi, yang akan diatur dalam suatu aturan tersendiri.
  5. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didasarkan pada rasa tanggung jawab keilmuan yang tinggi serta dilandasi iman dan taqwa.
  6. Memotivasi mahasiswa untuk selalu berperan aktif dalam kegiatan akademik melalui proses belajar-mengajar  yang   interaktif,  inovatif, praktis dan dinamis dalam meningkatkan kopetensi dan wawasan yang tidak pernah henti dan bermanfaat.

3.1.2.    Bidang Penelitian

  1. Merencanakan  dan  mengarahkan  penelitian yang mengedepankan IPTEK yang berwawasan religius  dan bermanfaat bagi kesejahteraan sumber daya insani dan kemaslahatan ummat manusia yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara perorangan, kelompok, ataupun kelembagaan untuk  mengangkat  citra  STIKes Flora.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian kompetitif yang bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah serta  dunia usaha dan industri.
  3. Mengembangkan sistem renumasi (penghargaan) yang  memadai bagi segenap sivitas akademika untuk mendorong terciptanya lingkungan penelitian yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
  4. Merumuskan sistem yang memberi peluang bagi peneliti  berprestasi  tinggi  untuk berfungsi penuh sebagai peneliti sekolah tinggi.
  5. Menciptakan pengembangan sarana penelitian yang pemanfaatannya mudah diakses oleh segenap sivitas akademika dan masyarakat pengguna.
  6. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam semua kegiatan penelitian sebagai pemenuhan persyaratan akademik, pembelajaran, aktualisasi kompetensi bidang keilmuan, dan pengembangan minat dan bakat.
  7. Penelitian diarahkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perolehan hak paten, pengembangan DUDI dan pengembangan  hasil  karya  yang dapat  dimanfaatkan oleh masyarakat secara arif dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan.
  8. Mendorong, memberdayakan, dan memfasilitasi peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian, baik dalam jurnal internal, nasional terakreditasi dan jurnal internasional.

3.1.3.    Bidang Pengabdian Pada Masyarakat

  1. Merancang program pengabdian kepada  masyarakat  yang  terencana,  meliputi aspek kegiatan, pendanaan, dan jadwal pelaksanaan.
  2. Program pengabdian kepada masyarakat mencakup :
    1. penyebarluasan hasil-hasil penelitian di masyarakat lewat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi tepat-guna untuk  meningkatkan  kesejahteraan masyarakat
    2. pelayanan yang memiliki keunggulan kompetitif sehingga mampu  memberdayakan masyarakat secara optimal  dan  mengubah perilaku  masyarakat  konsumtif  menuju masyarakat produktif.
    3. pelayanan jasa dan konsultasi yang saling menguntungkan pada  masyarakat DUDI, lembaga pemerintah pusat dan daerah serta   swasta, swadaya masyarakat, dalam skala lokal, nasional, regional, dan internasional.
    4. Melibatkan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kuliah kerja nyata inovatif sebagai salah satu persyaratan akademik.