LAPORAN EVALUASI PEMBELAJARAN DIII KEPERAWATAN STIKes FLORA MEDAN

Posted on: 4 October 2017

Kata Pengantar

 

 

Dengan puji syukur serta atas rahmat kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun. Dalam mendukung tercapainya visi dan misi program studi DIII Keperawatan , maka Lembaga Penjamin Mutu melakukan Survei melakukan evaluasi pembelajaran melalui kuisioner penilayan terhadapa kinerja dosen kepada mahasiswa. Hal ini dikarenakan salah satu indikator dari sistem pendidikan yang baik adalah adanya sistem yang dipakai untuk mengukur kualitas dari pendidikan itu sendiri.

Melalui Evaluasi Pembelajaran ini diharapkan dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan dosen dalam pembelajaran dalam mencapai visi misi. indikator yang digunakan dalam penilaian ini “sangat baik, baik, cukup baik dan kurang” adalah untuk melihat kualitas dosen dalam meyampaikan pembelajaran. Kami berharap evaluasi pembelajaran ini dapat menjadi referensi dan umpan balik bagi mahasisa dan dosen untuk meningkatkan mutu pengajaran  di program studi DIII Keperawatan STIKes Flora medan

Penjamin Mutu sebagai pelaksana teknis evaluasi pembelajaran melalui program studi  berkomitmen terus melaksanakan evaluasi, dan kami mengharapkan berbagai kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk perbaikan yang lebih baik di masa depan.

Demikian hal ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

                                                                       

Mengetahui,

Lembaga Penjaminan Mutu

 

                                                                          

 Dahlia Purba, SKM.,  M.Kes

 

 

 

 

                                                           LATAR BELAKANG

Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah akademi untuk menjadikan para Mahasiswa/I menjadi lebih berkualitas yang bisa diterapkan baik itu masih dalam masa kuliah atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi prodi dan institusi. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Kuesioner evaluasi pembelajaran yang yang mengevaluasi pembelajaran di program studi. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya program studi  maupun institusi  ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk kepentingan bersama. Sebaliknya pihak program studi sangat terbantu dengan adanya evaluasi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan pada program studi tersebut. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan form evaluasi tentang evaluasi pembelajaran yang dinilai dari pandangan Mahasiswa/i. evaluasi ini merupakan gambaran dari hasil apa yang selama ini Mahasiswa/I, tenaga kependidikan dan tenaga pendidik rasakan di Program studi DIII Keperawatan dan tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa paksaan.

Dalam pelaksanaan Evaluasi tersebut para Mahasiswa menyambut dengan senang hati atas diselenggarakan kuesioner ini dan sangat membantu tentang apa-apa yang dirasakan oleh Mahasiswa. Penerapan evaluasi ini dilaksanakan secara global tanpa menerangkan nama responden yang ikut memberikan penilaian dalam evaluasi tersebut. Banyak hal yang didapat dari hasil evaluasi tersebut dan akan sangat baik jika penerapannya dan dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak lama sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri.

Dalam mencapai visi misi program studi DIII Keperawatan harus didasari dengan proses belajar mengajar yang efektif sesuai dengan kurikulim yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga bertujuan agar evaluasi  pembelajaran tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan

 

1. Peserta Evaluasi

Peseta Evaluasi pembelajaran Program Studi DIII Keperawatan STIKes Flora ini adalah    Mahasiswa

2. Jumlah Peserta 80 Responden  

3. Metode Evaluasi

Evaluasi kegiatan ini adalah evaluasi proses dengan menggunakan metode penyebaran Form Evaluasi Pembelajaran Dosen untuk menilai proses pembelajaran kepada dosen yang mengampuh mata kuliah melalui from dibawah:

 

TUJUAN DAN MANFAAT

Form Evaluasi Pembelajaran ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan membantu Program studi DIII Keperawatan dalam pelaksanaan kegiatan akademik dan juga menjadikan salah satu cara untuk memperbaiki itu semua. Secara umum evaluasi pembelajaran bermanfaat untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran di prodi DIII Keperawatan. Adapun manfaat yang didapat dari Mahasiswa/I yaitu menjadikan bahan masukan untuk jurusan selama proses kegiatan akademik dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi program studi merupakan hal yang sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta membangun Program studi DIII Keperawatan ini menjadi lebih baik dan berusaha agar menjadi yang terbaik dalam mencapai visi misi.

 

SASARAN

Sasaran utama dari evaluasi pembelajaran  ini adalah bagaimana cara mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa dalam pembelajaran dengan  adanya evaluasi ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun untuk memperbaiki proses belajar mengajar di program studi DIII Keperawatan. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk Mahasiswa/I prodi yang nanti setelah mereka lulus bisa menerapkan keahliannya di kehidupan yang nyata baik dalam lingkungan rumah maupun dalam dunia kerja, yang umumnya menggunakan keahlian yang dimiliki. Sasaran ini tertuju pada seberapa baik proses belajar mengajar di  prodi DIII Keperawatan  selama ini sebagai tolak ukur akan kualitas dan kuantitas dalam mencapai visi tersebut.

 

WAKTU PELAKSANAAN

Adapun pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada bulan Juli 2016. Dalam tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari sosialisasi kegiatan sampai penyebaran form evaluasi pembelajaran dan memperoleh informasi atas evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan setelah perkuliahan berlangsung sehingga tidak mengganggu perkuliahan. Dalam pemberian form  ini Mahasiswa/I diberikan terlebih dahulu dan diserahkan kembali setelah menyelesaikan isian form  tersebut. Hasil evaluasi direkap dan dibuat grafik sehingga dapat diperoleh pemahaman dari Mahasiswa.

 

 

FORM EVALUASI PEMBELAJARAN DOSEN

 

Mata Kuliah                :

Kode                           :

Semester                      :

Program Studi             :

Tahun Akademik        :

Tanggal                       :

Nama Dosen               :

 

Instruksi : “Anda dimohon untuk memberi nilai setiap item pernyataan dibawah ini (dengan cara membertandacekclist (√) pada kolom yang sesuai) berdasarkan persepsi anda terhadap performa pengajaran yang dilakukan oleh dosen yang anda nilai.”

 

No

Item

Sangat  Baik

Baik

Cukup

Buruk

Sangat Buruk

5

4

3

2

1

1

Menjelaskan dengan jelas tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

2

Menjelaskan materi perkuliahan dengan jelas dan menarik

 

 

 

 

 

3

Bersikap antusias selama proses perkuliahan

 

 

 

 

 

4

Bersikap bersahabat selama proses perkuliahan

 

 

 

 

 

5

Bersikap mau membantu selama proses perkuliahan

 

 

 

 

 

6

Mendorong partisipasi mahasiswa

 

 

 

 

 

7

Menggunakan media pembelajaran yang sesuai

 

 

 

 

 

8

Merangsang mahasiswa untuk berpikir kritis

 

 

 

 

 

9

Memberikan contoh/ situasi yang relevan untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang konsep dan teori

 

 

 

 

 

10

Memberikan penugasan yang sesuai

 

 

 

 

 

 

 

HASIL REKAPITULASI EVALUASI PEMBELAJARAN DOSEN

 1. Menjelaskan dengan jelas tujuan pembelajaran

70 % = SANGAT BAIK

29 % = BAIK

1   % = BAIK

 2. Menjelaskan materi perkuliahan dengan jelas dan menarik

 91 % = SANGAT BAIK

 9  % = BAIK

3. Bersikap antusias selama proses perkuliahan

 85 % = SANGAT BAIK

 13 % = BAIK

 2 %   = CUKUP BAIK

4. Bersikap bersahabat selama proses perkuliahan

 60 % = SANGAT BAIK

 40 % = BAIK

5. Bersikap mau membantu selama proses perkuliahan

  90 % = SANGAT BAIK

  10 % = BAIK

6. Mendorong partisipasi mahasiswa

  97 % = SANGAT BAIK

  3  %  = BAIK

7. Menggunakan media pembelajaran yang sesuai

  80 % = SANGAT BAIK

  20 % = BAIK

8. Merangsang mahasiswa untuk berpikir kritis

  90 % = SANGAT BAIK

  10 % = BAIK

9 Memberikan contoh/ situasi yang relevan untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang konsep dan teori

  77 % = SANGAT BAIK

  20 % = BAIK

   3 %  = CUKUP BAIK

 10. Memberikan penugasan yang sesuai

  87 % = SANGAT BAIK

  13 % = BAIK

 

 

 

 Medan,     September 20

Diketahui

 Ketua Program Studi                                                      Ketua Penjamin Muru

 

 

 

Minarlin,  SST., M.Kes                                                    Dahlia Purba, SKM., M.Kes

 

Versi cetak

Berita Terkait

+ Laporan Evaluasi DIII Kebidanan STIKes Flora Medan
+ LPM STIKes Flora Medan
+ Tupoksi LPM STIKes Flora
+ Program Kerja LPM STIkes Flora